REPRESENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM NASKAH HIKAYAT PRANG CUT ALI , HIKAYAT RANTO, DAN HIKAYAT TEUNGKU DIMEUKEK
Abstract
Sebagai naskah lama, hikayat merupakan salah satu dari karya sastra yang sering menyelipkan berbagai nilai-nilai dalam kehidupan, salah satunya nilai keislaman. Selain itu, sebutan hikayat telah cukup mewarnai pengaruh Islam karena istilah tersebut baru dikenal sesudah masuknya Islam dan kebudayaannya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian berjudul Representasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Naskah Hikayat Prang Cut Ali , Hikayat Ranto, dan Hikayat Teungku Dimeukek. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai keislaman apa saja yang terkandung dalam hikayat Prang Cut Ali, hikayat Ranto, dan hikayat Teungku Dimeukek serta untuk mengkaji bagaimana perbedaan penyajian isi dalam ketiga hikayat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka yang mana sumber data berupa naskah hikayat itu sendiri. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika, yaitu menggunakan teori representasi Stuart Hall. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ketiga hikayat mengandung nilai-nilai keislaman, baik nilai illahiyah maupun nilai insaniyah. Pada hikayat Prang Cut Ali mengandung nilai illahi yang meliputi: nilai keimanan dan nilai ubudiyah, dan nilai insaniyahnya meliputi nilai etika. Pada hikayat Ranto, nilai illahinya meliputi: nilai keimanan dan nilai ubudiyah, sedangkan nilah insaniyahnya meliputi: nilai sosial dan nilai estetika. Terakhir, pada hikayat Teungku Di Meukek, nilai illahi yang terkandung melaiputi nilai keimanan saja dam nilai insaniyahnya meliputi nilai sosial saja. Selain itu, dari hasil kajian ditemukan pula bahwa ketiga hikayat memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi gaya penyampaian pembuka dan penutup, karakteristik dalam penyisipan nilai keislaman, dan perbedaan dalam membawakan sebuah cerita.
References
Akbar, Ahmad Maulana. (2013). Penerapan Nilai-nilai Islam, Pembentukan Akhalakul Karimah, Perpustakaan Kediri.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak..
Damono, Sapard Djoko, dkk. (2020) Sastra Pariwisata, Yogyakarta: PT Kanisius.
Darmawati. (2019). Analisis Struktur dalam Hikayat Aceh Manoe Ie Mata Karya Tgk. Sofyan Mus, Universitas Serambi Mekkah, Serambi Konstruktivis, Volume 1, No.2.
Faizin, Zein, dkk. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Islam pada Materi Relasi dan Fungsi, Seminar Nasional Pendidikan Universitas Sultan Agung, Vo.2.
Fitri, M, dan H. Susanto. ( 2021). Nilai Sosial Religi Tradisi Manopeng pada Masyarakat Banyiur, Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, Vol.7 No.2.
Frimayanti, Ade Imelda. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.8 No.11.
Ismatullah, Nur Hasanah. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhalkul Karimah Peserta Didik, Arbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam(JPAI),Volume 01, Nomor 01.
Kosasih. (2013). Nilai-nilai Moral dalam Karya Sastra Melayu Klasik Islam: Kajian terhadap Hikayat Raja Khaibar, Hikayat Saif Zulyazan , serta Hikayat Mariam Zanariah dan Nurdin Masri, SUSURGALUR: E, Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, No.1, Vol.1.
Kusinwati. (2009). Mengenal Karya Sastra Lama Indonesia, Jawa Tengah: AlPRIN.
La Jamaa, Dimensi Illahi dan Dimensi Insani dalam Maqashid Al-Syariah, Jurnal Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum Vol 45 No.2, Universitas Negeri Sunan Kalijaga.
Mahmud, Teuku. (2020). Analisis Nilai Budaya dalam Hikayat Banta Amat Jilid I dan II Karya T. A. Sakti, Jurnal Metamorfosa Volume 8, Nomor 2, Juli 2020, STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Mekarisce, Arnild Augina, Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data paa Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat, Jurnal Ilmia Kesehatan Masyarakat Vol 12 No.3.
Moleong, Lexy J. (2012).Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhibuddin. (2020). Nilai-nilai Pendidikan dalam Hikayat Akhbarul Karim dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013, DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 3, No. 1, 27-47.
Nurjanah, Maya. (2021).Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Al-Qalam Vo.13 No.2.
Pandrianto, Nigar, dkk. Budaya Pop: Komunikasi dan Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama.
Pramasto, Arafah. (2018).Hikayat Mas Topra: Muslihat Bank Prodeo, Jawa Barat: Penerbit Jejak.
Rofiah, Siti, Intergrasi Kurikulum Berbasis Sains dan Nilai-Nilai Keislaman, Penerbit NEM
Rosa, Fitria, dkk. (2017). Karya Sastra Melayu Riau, Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sudardi, Bani, dkk. Dari Batik Hingga Hegemoni Pesona Nusantara Eksplorasi Kajian Budaya. Penerbit Lakeisha
Suharto, Babun, et.all.. (2019). Moderasi Beragama: dari Indonesia untuk Dunia, Yogyakarta: LkiS.
Tim Tentor Indonesia. (2016). Big Pelajaran 6 in 1 SMA/MA Kelas 10, 11, & 12, Jakarta Selatan: Penerbit Bintang Wahyu.
Yeniningsih, Taat Kurnita. ( 2007). Nilai- Nilai Budaya dalam Kesenian Tutor Pmtoh Nilai-Nilai Budttya Dalam Kesenian Tutur Pmtoh (Cultural Values In Art Of Pm Toh), Volume VIII No.2.
Yulianthi. (2015). Ilmu Sosial Budaya Dasar, Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Copyright (c) 2025 BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.