MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KEMANDIRIAN DALAM MENINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan manajemen pembelajaran berbasis kemandirian dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Menggunakan metode library research dengan pendekatan literature review dalam menganalisis data dan informasi tentang manajemen pembelajaran berbasis kemandirian dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis kemadirian dilaksanakan dengan cara-cara: tahap pertama menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, tahap kedua mengembangkan rencana pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran, pada tahap ketiga menggunakan teknologi digital untuk mendukung proses belajar mandiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, tahap keempat membimbing dan mendampingi siswa dalam proses belajar mandiri untuk memastikan meningkatnya prestasi belajar siswa, pada tahap kelima mengevaluasi proses belajar mandiri, dan pada tahap keenam mengembangkan strategi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil temuan penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tenaga pendidik, dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan manajemen pembelajaran berbasis kemandirian dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Referensi
Ahmadi, F. (2022). Merdeka Belajar Vs Literasi Digital. Cahya Ghani Recovery. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Gqwleaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Program+Guru+Penggerak+Yang+Dicanangkan+Oleh+Kementerian+Pendidikan,+Kebudayaan,+Riset,+Dan+Teknologi+(Kemendikbudristek).+Program+Ini+Bertujuan+Menciptakan+Sosok+Guru+Yang+Memiliki+Kompetensi+Pedagogik+Yang+Unggul,+Kemampuan+Kepemimpinan+Instruksional,+Serta+Integritas+Moral+Yang+Kuat+&Ots=Thctsjkssm&Sig=Lbl-K1lzfai3pqhtk8qglvthmuq
Al Fatihah, M. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas Iii Sdn Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197–108.
Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 4(1), 69–82.
Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kasus Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 987–994.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Pedagogy.
Aurelia, G. M., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Dampak Keterampilan Sosial Emosional Rendah Terhadap Komunikasi Anak Usia 5 Tahun: Studi Kasus. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 546–557.
Badrudin, B., & Supardi, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Huda Bojong Koneng Bandung. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 37–48.
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran.
Darwanto, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.
Herman. (2019). Pendekatan Ma’rifah Dan Maḥabbah Dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidayah (Mi): Islam Universalia: International Journal Of Islamic Studies And Social Sciences, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.56613/Islam-Universalia.V1i2.130
Herman, H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Manuskrip Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Ptki). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 104–115.
Herman, H. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Transformasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 361–374.
Herman, H. (2024). The Role Of Madrasah Heads In Organizing The Improvement Of Educational Services. Istifham: Journal Of Islamic Studies, 196–205.
Herman, H., Kasman, A., & Aulia, S. (2023). Quality Assurance In Education: The Development Of An Employment Contract-Based Madrassa Principal Supervision Model At Madrassa Aliyah In West Aceh Regency. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 411–422.
Herman, H., & Khalaf, O. I. (2023). Evidence From School Principals: Academic Supervision Decision-Making On Improving Teacher Performance In Indonesia. Advances In Decision Sciences, 27(3), 46–71.
Herman, H., Kurniawan, A., & Idris, J. (2023). The Capability Of Humanskill Of The Madrassa Principal Leadership In Managing Human Resources In Man 2 West Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(1), 323–344.
Herman, H., Rohana, S., & Jailani, J. (2024). An Evaluation Of Boarding School Curriculum Implementation In Aceh. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 9(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31851/Jmksp.V9i1.14711
Hermansyah, H., Ihlas, I., Supriyanto, S., & Rohman, N. (2022). Literation Culture Living At Mi Qurrota A’yun. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 12(2), 109–120.
Hidayat, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Blog Pada Materi Ash-Shihhah Bagi Siswa Kelas Xi Man 1 Gunungkidul Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 38–49.
Ikhwan, M., & Wahono, M. R. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sumber Belajar Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah: Menuju Pendidikan Berbasis Keterampilan. Jurnal Pendidikan Nusantara, 2(2), 134–143.
Istiningsih, I., & Rohman, N. (2022). Edupreneurship Berbasis Teknologi Digital Ditinjau Dari Evaluasi Program Cipp. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). Https://Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id/Index.Php/Ei/Article/View/3062
Izomi, M. S. (2024). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al-Aziziyah Putra Gunung Sari. Ganec Swara, 18(2), 891–895.
Jamin, H., & Rohman, N. (N.D.). Supervisi Akademik-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka. Retrieved September 9, 2024, From Https://Books.Google.Com/Books?Hl=En&Lr=&Id=Lngieqaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Info:Lbifoduziskj:Scholar.Google.Com&Ots=Aphmuqhysg&Sig=Jmwx0bp4l6b4f7jhecruvblik4c
Lutfiyani, L., Syofrianisda, S., Tresna, N., & Ramadhani, W. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 9(2), 66–70.
Maulidin, S., Amrullah, S., & Mubaidilah, A. (2024). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Peserta Didik Di Ma Bustanul Ulum Jayasakti. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2), 79–87.
Mujiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 6(1). Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Arfatin-Nurrahmah-2/Publication/324009913_Pengaruh_Kemandirian_Belajar_Dan_Perhatian_Orang_Tua_Terhadap_Prestasi_Belajar_Matematika/Links/5c13c94ea6fdcc494ff3d4a3/Pengaruh-Kemandirian-Belajar-Dan-Perhatian-Orang-Tua-Terhadap-Prestasi-Belajar-Matematika.Pdf
Nurlela, N., & Marhen, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 2 Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 11–22.
Putri, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas V Di Mis Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara [Phd Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/Id/Eprint/26193
Qotrunnada, L., & Darmiyanti, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 13–13.
Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Mkhadwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa1&Dq=Pembelajaran+Ipa+Menargetkan+Siswa+Untuk+Mencapai+Kompetensi+Minimum+Melalui+Pendekatan+Saintifik&Ots=Qbojc9amjw&Sig=Xdaeoabcc6sov3igufvf0r9rihe
Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al Kahfi Bogor). Rayah Al-Islam, 5(02), 600–614.
Serliana, S., Rahman, R., Hastuti, H., Yusuf, F., & Abidin, A. M. (2025). Penerapan Algoritma Particle Swarm Optimization (Pso) Pada Sistem Penjadwalan Kegiatan Mentoring Baca Tulis Al-Qur’an. Switch: Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 206–222.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Tuginem, H. N. (2023). Penelitian Strategi Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Pada Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 32–43.
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di Sdn 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89–95.
Wahyudi, W., Jumadi, J., & Nurhidayah, D. A. (2022). Implementasi Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 925–932.
Zahra, N., & Masyithoh, S. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Anak Sekolah Dasar. Elscho: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). Https://Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Elscho/Article/View/17079
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##